Percepatan Reformasi Birokrasi, Pemerintah Kabupaten Ciamis Gelar Bimtek e-SAKIP

Sebagai salah satu upaya penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) perlu dilakukan Reformasi Birokrasi. Sekretariat Daerah dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis memfasilitasi dan menciptakan sumber daya manusia yang handal dalam pengelolaan SAKIP melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Percepatan Pelakasanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2022.

“Mencermati situasi dan kondisi serta dinamika yang berkembang pada saat ini merupakan tantangan bagi birokrasi pemerintah daerah, terutama para aparatur sipil negara dilingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan efektif dan efisien,” kata Inspektur Kabupaten Ciamis, Ika Darmaiswara saat membuka acara Bimtek e-SAKIP di aula BKPSDM, Ciamis, Senin (06/06/2022).

Bimtek yang dilaksanakan ini bertujuan untuk perencanaan agar lebih berorientasi kepada kinerja dengan tetap melaksanakan evaluasi keberhasilan dalam pencapaian target/indikator yang telah ditetapkan, menyelaraskan dan pengintegrasian manajemen keuangan dan manajemen kinerja (penganggaran berbasis kinerja), mengimplementasikan 8 area perubahan dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi secara menyeluruh, mendorong pimpinan OPD melakukan monitoring dan pengendalian SAKIP dan RB agar target yang ditetapkan dapat tercapai. Selanjutntya. untuk meningkatkan Indeks SAKIP Kabupaten Ciamis dari B menjadi BB, meningkatkan Indeks Reformasi Birokrasi Kabupaten Ciamisdari CC menjadi B dan terakhir terwujudnya penyederhanaan birokrasi yang efektif sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Adapun reformasi birokrasi adalah perubahan – perubahan yang dilakukan pada birokrasi dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui 8 area perubahan yakni, manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan organisasi, penataan tatalaksana, penataan SDM aparatur, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Hadir sebagai narasumber Inspektur Kabupaten Ciamis Ika Darmaiswara, Sekretaris Bappeda Kabupaten Sumedang Hj. Yanuarti Kania Dewi, Kepala Bidang Informatika Diskominfosanditik Kabupaten Sumedang Arief Syamsudin, Moderator Kepala Bagian Organisasi Kabupaten Ciamis Hj. Tedja.

Percepatan Reformasi Birokrasi, Pemerintah Kabupaten Ciamis Gelar Bimtek e-SAKIP
Kembali ke Atas